2013/02/24

#AyoMasukSTIS 2013!


Sekali-sekali, posting yang bermanfaat deh
(ditengah hiruk pikuk sosialisasi STIS dan TO Nasional USM STIS 2013)

 photo 528940_341637082618611_1577162375_n_zps46ea30ff.jpg


Udah pada tau belom STIS itu apa? Eh pertama-tama, STIS itu dibacanya es-te-i-es ya, bukan SeTIS.Cuma meluruskan tapi ya orang awam udah pada terlanjur nyebutnya gitu (termasuk mama-papa).

STIS itu akronim dari Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (bukan Sekolah Tinggi Ilmu Segitu-gitu aja, merujuk pada RT-an sebuah akun twitter mengenai kehidupan mahasiswa), yang awalnya bernama AIS (Akademi Ilmu Statistik) yang berdiri pada tahun 1958. Perguruan tinggi ini berada di bawah naungan Badan Pusat Statistik (BPS).

Ya mungkin sisanya bisa disimak di brosur ini (iseng nge-scan, kebetulan lagi megang brosur untuk sosialisasi :p)
  photo bro1_zpsc5ebc31f.jpg
 photo bro2_zpsa46be10a.jpg

Hmm, mungkin gue cuma mau lanjut menceritakan hal-hal yang menurut gue berkesan di STIS
  • Kalo diliat di brosur, mahasiswanya pada pake seragam biru-biru kan? Iya, itu seragam (kebanggaan) mahasiswa/i STIS. Dipake setiap mau ke kampus dari hari Senin s/d Sabtu (seinget gue Minggu boleh pake bebas rapi but no jeans no sandal dan bawa badge). Mungkin buat beberapa orang berat rasanya setelah 12 tahun sekolah pake seragam, eh kuliah seragam lagi. Tbh gue juga suka ngerasa gitu kok, kadang suka iri liat temen-temen yang kuliah di PTN/PTS lain yang ke kampus bisa pake baju macem-macem, sepatu unyu-unyu, ya dan sebagainya lah. Tapi ada positifnya juga sih, berhubung gue ga suka liat orang pake baju ga rapi, kalo pada baju bebas kan ya tergantung orangnya rapi apa ngga, nah kalo seragam kan otomatis sama semua, ya se-gak-rapi-nya seragam mahasiswa di STIS, masih pada dimasukin dan pake belt kok haha. Di sisi lain, ga bakal mati gaya juga kalo mau ke kampus, ga harus mikir mesti pake baju apa, baju ini udah dipake berapa kali dalam seminggu ke kampus, ga mesti sering-sering beli baju. Tapi repotnya kalo udah musim hujan sih, selalu was-was kalo nyuci seragam takut ga kering haha. Seragamnya (ini gue, muka disensor demi kebaikan bersama) : 
 photo 2013-01-29153713_zpsbeb37e5f.jpg
(tapi gue masih belom pake badge pas foto itu, mestinya pake badge di kantong sebelah kiri hehehe). IMO, bagian terkece badai dari seragam STIS adalah pangkatnya. Sampe pernah dicengin tukang ojek loh, dibilang "hormaaaat~ grak!" pas gue lewat depan gerombolan tukang ojek. Cih.
  • Kuliahnya masih kaya sekolah bangeeet hehehe. Jadi ga usah terlalu takut masalah adaptasi. Pas masuk, kita ditempatkan di satu kelas, dimana kita sekelas itu insya Allah bakal bareng terus sampe naik tingkat (amin semoga 1J ga ada yang ke-DO), dan semua mata kuliah bakal dihadiri bareng-bareng juga haha. Jadwal kuliah ngga pake berebutan, dosen juga ga berebutan, semua udah ditentukan dari pihak kampus. Kita tinggal jalanin aja. Poin plus buat orang gamau ribet macem gue haha, tinggal jalanin aja. Terus karena sistem paket, SKS ditentukan kampus, satu angkatan gabakal ada yg lulus duluan. Jadinya kau dan aku selalu untuk selamanya sampe wisuda~~ (amin semoga 54 bareng2 sampe wisuda ya Allah)
  •  Uang TID (Tunjangan Ikatan Dinas), another coolest thing about this school! Hahaha. Jujur, ga ada yang ga doyan uang kan? Apalagi, setelah kuliah gratis, orang tua masih ngasih jajan, kampus juga ngasih "jajan" tiap bulannya. Besarnya berapa? Hmmm kasih tau ngga yaaaa hahaha. Biar agak trivial deh, dengan TID sebulan, bisa beli BBM Premium non subsidi sebanyak 188 liter!
  • Punya temen yang literally dari Sabang sampai Merauke. Ngga bohong, tp gue bisa nyebut kok temen gue yang asal Aceh siapa dan yang asal Papua siapa. Seru kan? Apalagi kalo abis pada mudik. Pesta oleh-oleh bos di kelas haha. Makan gratissssss.

Sebenernya, mungkin masih banyak hal lain tentang STIS yang belom gue sebutin. Ikatan dinas misalnya. Setelah lulus,  langsung diangkat jadi CPNS golongan III/a di lingkungan BPS di seluruh Indonesia. Insya Allah ngga usah pusing-pusing cari kerja hehe.

Oh ya, ini nih beberapa link yang berhubungan dengan USM STIS 2013:
Official website STIS
Official Facebook  Page STIS
Official Twitter STIS

 Buat yang mau beli buku kumpulan soal USM STIS monggo cek disini

Daaaaan, tanggal 3 Maret 2013, UKM Bimbel STIS akan mengadakan TO Nasional, info bisa diliat disini

Sooo, buat kalian yang minat masuk STIS, selamat berjuang! Kalo ada yang mau yang ditanya, yang punya blog insya Allah siap membantu! (shameless self-promotion LOL)

No comments:

Post a Comment