2014/10/03

Yogyakarta



Setelah tertunda hampir 2 minggu, akhirnya tergerak juga tangan ini buat bikin kenang-kenangan dari jalan-jalan ke Jogja kemarin.

Sebenernya gak kebayang sih bakal beneran kesampean jalan bedua doang ama Syifa ke Jogja, secara kita berdua sama-sama #teammager dan #teammengoppa. Tapi ternyata, kejadian juga. Yuhu~ Setelah kita mengadakan rapat berkali-kali di line dan ketemuan juga buat booking tiket, pilihan jatuh ke tanggal 14 September-20 September. Bermodalkan tiket lima puluh ribu rupiah saja. Kata orang-orang sih kereta ekonomi sekarang juga udah lumayan enak, AC walaupun AC split macem di kamar. Eh tapi tau-tau kakak gue nakut-nakutin katanya masih ada lho kereta ekonomi gapake AC. Gue langsung mentally pat myself in the back, kali-kali aja si kereta gocap itu yang gaada ACnya.

14 September

Berangkat dari rumah dianter ortu sampe Stasiun Senen, tempat dimana gue janjian sama Syifa. Keretanya dating lumayan on-time, telat 5 menitan gitu kalo gak salah. Yaudah, dimaapkeun. Setelah berjuang menuju kursi dan naikin tas kita berdua yang lumayan gede ke overhead compartment, kita berdua duduk depan suami istri. Dan mereka berdua ngomong Sunda, kecurigaan gue satu : beliau2 ini orang Kuningan haha.
Bener aja, bapak ibunya orang Lebakwangi. Sekecamatan sama rumah Ma Rum di kampuang. Jadilah kita bertiga ngobrol, Syifa sampe ketawa karena kesannya gue ama bapak-ibu ini tetanggaan banget sampe tau banyak tempat yang sama. Bahan lawakan selanjutnya adalah si bapak yang becanda kalo anak bungsunya masih single, lulus STIP dan sekarang kerja di GMF Bali, dan tertarik punya menantu sekampung. ATUHLAH PAK. Gue sih cuma ketawa-ketawa pas si bapak bilang gitu, tapi begitu si bapak dan ibu turun di Cirebon Kejaksan, gue baru nyesel gak nanya nama si bapak siapa. Yhaaa siapa tau jodoh kan?? HAHAHA
Sebenernya pas lagi asik-asik ngobrol itu, di daerah Indramayu –gue lupa tepatnya dimana- 4 AC segerbong mati semua. Padahal matahari lagi terik-teriknya itu jam 2an. Begitu tekhnisi ada yang lewat ditanyain, bilangnya gensetnya yang rusak jadi listriknya mati semua. Gilingan. Sekitar satu atau dua jam deh kita semaput kipas-kipasan pake kipas tangan. Bapak yang sebelah gue nyeletuk, “50 ribu mau enak…”. Iya juga sih. Kursi kaku dan keras. ACnya ‘gitu’. Toiletnya ‘gitu’. Kalo udah gini baru sadar betapa dimanjanya gue, dari kecil kalo harus pulang kampung naik kereta selalu naik eksekutif atau bahkan argo, kecuali 3 kali : waktu ke Jogja sekeluarga pulang pergi naik kereta bisnis, sama waktu itu ke Cirebon naik bisnis juga buat ngelayat karena kehabisan tiket dari Gambir. Alhamdulillah ya…
Setelah ngalor ngidul dan sibuk ngikutin ini kereta telatnya berapa lama, akhirnya sampe juga di Lempuyangan. Telat sekitar setengah jam. Dan saat itu gue baru tau kalo kereta yang gue naikin (Bengawan), ga berakhir di Lempuyangan, tapi masih lanjut sampe Wonosari. Buru-burulah kita turun lalu mencari-cari kakaknya Syifa beserta partner yang bersedia jemput kita dan nemenin makan malem. Cihuy kali lah. Setelah nyari-nyari di tengah ramainya stasiun dan kepanikan karena tiba-tiba nomor kakaknya Syifa gabisa dihubungin, akhirnya ketemu. Kita berempat langsung meluncur buat makan ankringan di sekitar Monumen Tugu. Tepatnya di Angkringan Jabrik, depan kantor KR. Murah aja sih, nasi ati ampela plus sate telor puyuh plus sate kerang plus gorengan kaya siomay dan segelas es jeruk ditotal jadi 14 ribu. Hohoho. Kenyang.
Setelah makan kita langsung di anter ke rumah sepupunya Syifa yang gak jauh dari Lempuyangan. Rumahnya persis depan SMA Bopkri 1, daerah Kotabaru. Mba Resti, yang awalnya hampir putus asa berusaha ngehubunginnya karena ternyata Syifa salah nomor, bukain pintu. Abis ngobrol-ngobrol dikit, mandi, dan solat, gue ama Syifa langsung tepar. Ngelurusin pinggang bro.


15 September

Tujuan hari itu adalah Borobudur. Awalnya takut tutup di hari senin, tapi setelah nanya-nanya katanya ngga kok. Okelah, kita cabz naik Trans Jogja ke Terminal Jombor. Sampe terminal, bingung mau nanya siapa. Akhirnya sambil beli sarapan, kita (Syifa sih, pake Bahasa Jawa) nanya gimana kalo mau ke Borobudur. Sama ibu yang punya warung dikasih tau bisnya yang mana dan harganya berapa, katanya suruh tawar 25 ribu berdua, kalo gamau ya kasih 30 ribu.
Kita pun mengikutin saran si ibu. Ternyata ga cuma pribumi-pribumi aja yang naik bis ¾ ini, bule juga euy. Ternyata ongkosnya 15 ribu per orang, kita ngasih 50 rb dibalikin 20rb walaupun agak lama ngebalikinnya plus pesan dari si kenek “ongkos orang Indonesia sama bule beda”. Waduuuu…
Sampe di terminal Borobudur, kita turun dan langsung diserbu sama tukang becak. Ihh sebel banget nih sama yang maksa-maksa gini. Ada satu orang yang ngikutin gue ama Syifa padahal udah ditolak berkali-kali, mulai dari nawarin 10ribu sampe turun 7ribu. Sorry, kita hobi jalan. Si bapak ini kemudian nakutin katanya dari terminal ke Borobudur masih 2,5 kilo. Kita berdua sih maju tak gentar pasang poker face, mampir dulu ke pasar. Sambil beli batere, Syifa nanya kalo ke Borobudur lewat mana dan jaraknya segimana. Si mas yang di warung bilang cuma sekitar 500 meter, deket, jalan kaki aja. HA! Makan tuh 2,5 kilo.
Setelah jalan kaki (dan emang bener cuma sekitar 500 meter), sampailah kita di kawasan Borobudur. Terik bro, dan teriknya cuaca itu jadi bahan bisnis : sewa payung. Eitsss, sorry lagi nih, gue juga udah bawa payung. Kita langsung ke loket, dan walaupun rada enyem dikit karena tiket Borobudur itu 30 ribu (mehong bok padahal kan disubsidi negara!), kita segera beli dan masuk. Foto-foto dikit, celingak celinguk dikit, sebelum jalan ke arah candinya. Sebelum masuk, kita disuruh pake kain batik gitu deh, wajib kalo mau masuk ke komplek candi. Okelah. Pake. Foto-foto. Jalan lagi.
Saran nih buat yang mau ke Borobudur, fix banget mesti bawa payung dan sunscreen atau sunblock. Terik pisan. Pakai baju yang terang juga dan yang enak lah kalo keringetan. Pake sepatu plus kaos kaki juga. Karena p a n a s b a n g e t. Bisa gosong kalo ga melindungi diri sendiri.
Muter-muter ngeliatin candi, gue baru sadar betapa gede dampak dari gempa Jogja beberapa taun yang lalu. Ada stupa yang rusak –banyak malah-. Sayang banget, ya cuma namanya bencana alam ya bisa apa… selesai ngeliatin relief-relief dan stupa, kita turun dan menuju ke Museum Borobudur. Gratis kok, lumayan buat ngadem sambil liat-liat foto dan patung-patung.
Skip ke malemnya, gue cuma mau rekomenin tempat makan. Namanya Phuket Noodle House, di Jalan Sabirin 22, Kotabaru. Kalo dari tempat kita nginep cukup jalan kaki kesitu. Tempatnya asik dan harganya murah. Rasa makanannya juga oke kok. Harga ramen dan nasi bergantung sama isinya, kalo ayam 17500 dan kalo sapi 19500. Jadi gue makan nasi gurih plus bulgogi ayam cuma 17500. Huhuhu bahagia banget nemu makanan murah gitu sumpah 


16 September

Hari itu dimulai rada siang, paginya Syifa mau transaksi dulu sama temennya dan gue memutuskan untuk tidur haha. Kita baru berkelana abis dzuhur. Tujuan pertama adalah Benteng Vredeburg karena deket sama halte TJ. Tiket masuknya 2000 aja saudara-saudara dan di dalemnya lumayan seru kok museumnya. Banyak yang bisa diliat dan adem juga hehe. Sebenernya tujuan selanjutnya itu keraton, tapi begitu cek jam udah jam 2 dan keraton tutup setengah 2. Akhirnya mau ke Taman Sari aja. Kita berdua pun keluar dari Vredeburg dan jalan ke Alun-Alun Utara. Bermodalkan Waze dan GMaps, berharap bakal ketemu arah jalan ke Taman Sari. Tapi belom jodoh sodara-sodara, kita berdua malah bingung sendiri.
Kita berdua pun balik lagi ke arah Vredeburg, Syifa usul ke Kebun Binatang Gembiraloka aja. Okelah, aku suka binatang. Tapi begitu sampe halte TJ, mas-masnya bilang jalan ke sana lagi dibenerin jadi ga berenti di Gembiraloka TJnya. Zonkkkk. Kita ngelewatin Taman Pintar sih, tapi karena setelah diitung-itung tiketnya mahal, tujuan berubah jadi ke Malioboro. Yasudah, akupun belanja. Sebagai tante yang baik (uhuk) gatel banget beliin baju unyu-unyu buat ponakan. Malioboro pun kita puterin, ga lupa mampir ke Malioboro Mall buat eskrim sundae dan beli persenjataan makanan di supermarket (biar gak makan di luar terus) (duit makin tipis)


17 September

Prambanan! Kalo ke candi yang satu ini, cukup ongkos 3000 saja naik TJ udah sampe ke deket Prambanan. Ga deket  juga sih... Masih harus jalan kaki ke komplek candinya, lebih jauh daripada terminal Borobudur-Candi Borobudur. Tapi berhubung masih pagi dan jiwa gak mau rugi membara, kita tetep jalan terus. HTMnya sama kaya Borobudur, 30 ribu uhuk. Nasib Prambanan ternyata gak jauh beda sama Borobudur, rusak karena gempa. Dan keliatan banget sih rusaknya, jadi ikutan sedih… panasnya juga sama, jadi saran yang tadi disebutin di Borobudur jelas berlaku juga disini.
Guepun bingung (dan lupa) mau ceritain apa yang terjadi di Prambanan. Yaaa singkat kata, selesai muter-muter kita kelaparan. Syifa ngajakin makan di Sop Ayam Klaten Pak Min. Jangan kaget ya denger harganya, seporsi sop ayam campur nasi itu 5000 aja. 5000. Terharu gak 5000 masih bisa makan ayam? Gue sih iya :’)
Selesai makan, kita memutuskan untuk ke Ambarukmo Plaza. Mau ngegaul gitu dee pengen tau mall di Jogja. Karena begitu panasnya udara siang itu, kita pengen sesuatu yang adem-adem. Dengan sampisnya kita berakhir dengan makan Green Tea Bingsoo di Michi Go. Ya tapi 33 ribu udah dapet bingsoo itu gak bisa dilewatkan!!
Siangnya gue di ajak kakaknya Syifa dan partnernya buat nonton acaranya 3, 3030. Gratisan hohoho. Ternyata acaranya berupa laser show terus lanjut bodoran gitu deh, intinya sih emang promosi. Tapi lumayan menghibur. Apalagi mas yang jadi Satria ganteng mirip Sky di SPD. Uhuk.
Malem harinya, gue ngikutin Syifa yang ketemuan sama temen-temen SMAnya di warung kopi Semesta. Eren temennya Syifa keukeuh banget kita harus nyobain hot chocolate nya soalnya recommended banget. TBH gue juga ga tau hot choco yang enak itu yang macem apa… tapi emang lumayan enak sih. Satu mug hot choco di sini harganya 14ribu. Lagi-lagi guepun gak tau itu itungannya murah apa kaga. Yang pasti warung kopi ini kayanya ngehitz banget, soalnya rame aja lho. Dan emang asik kayanya buat sekedar haha hihi sama temen-temen gitu.


18 September

Karena tanggal 16 kita udah gagal mau ke keraton, tanggal 18 ini kita pun mewajibkan diri buat mendatangi keraton dan Taman Sari. Masih dengan TJ kita meluncur ke Keraton. Tiket masuknya 5000 kemudian kita ditawarin guide. Berhubung budget terbatas, kita tolak dengan halus. Tapi otak tetep jalan, tiap ada orang sama guide kita pepet-pepet biar denger mereka bahas apa #teamgamaurugi
Ternyata keraton itu kebagi dua, gue gatau gimana sistemnya tapi keraton yang keliatan dari alun-alun utara itu beda sama keraton yang satu lagi (agak belakang). HTMnya sama 5000 lagi, plus bayar 1000 buat hp berkameranya Syifa (lol padahal kita berdua sama-sama bawa hape dan tablet, mestinya bayar 4000 yhaaa rugi lah bayar satu aja fotonya pake 1 hape aja). Nah Keraton ini yang gue inget pernah masuk waktu karyawisata SMA. Tapi hari itu kayanya banyaaaak banget abdi dalem di kawasan Keraton, perasaan dulu gak sebanyak itu. Lagi ada yang latihan gamelan juga. Gue ama Syifa sempet duduk sebentar nonton, tapi gue nyerah. Gak kuat dengerin lama-lama karena… ngantuk. Kita pun mulai muter-muter. Ternyata ruangan di keraton yang sini banyak euy. Puas deh muter-muter di dalemnya, beda sama keraton yang pertama kita masukin.
Puas keliling-keliling, kita memutuskan buat menuju ke Taman Sari. Bermodalkan entry blog orang, kita jalan kaki. Kali ini lebih jauh dari jalan kaki pas menuju Prambanan. Lagi-lagi karena takut diboongin tukang becak atau delman kita nanya sama ibu-ibu yang punya warung. Kata ibunya suruh lewat Pasar Ngasem aja. Okelah Bu, kita jabanin.
Ternyata oh ternyata, gak segampang itu. Setelah ngelewatin reruntuhan Water Castle, kita pusing sendiri muter-muter di pemukiman warga. Mau nyerah tanggung, mau nanya juga gatau harus tanya siapa. Sampe akhirnya ada seorang Mbah yang lagi nyapu di rumahnya. Syifa pun jadi tumbal buat nanya karena dia bisa Bahasa Jawa. Dan Mbahnya baiiiiiik banget. Nunjukin jalan bahkan nganterin sampe ke pintu belakang Taman Sari itu. Makasih banyak Mbah, berkat Mbah kita masuk Taman Sari gapake bayar :’)
Lagi-lagi kita meraba jalan, berdasarkan blog entry orang. Begitu liat ada orang sama guide dengan liciknya kita ikutin he he he. Akhirnya semua bangunan yang disebut di blog itu udah kita liat semua, kecuali Masjid Bundar. Bingung lagi mau tanya siapa… Tapi berhubung kita sempet ketemu sama guide yang baik gitu ngasih tau dikit-dikit, dengan gatau malu gue nanya sama bapaknya kalo Mesjid Bundar itu dimana. Bapaknya ngasih tau suruh jalan lurus aja, kalo bingung nanti ketemu saya ya di sana. Baik banget :’) kita lanjut jalan sesuai perintah bapaknya, lurus terus. Tapi ujungnya bingung juga sih dan nanya ke penduduk gitu. Lanjut jalan lagi dan celingukan lagi, kemudian ada Mbah satu lagi yang lagi ngasuh cucunya, beliau ngasih tau arah lagi. Ahhh hoki banget hari itu Alhamdulillah. Ketemu juga sama Masjid Bundar yang lagi-lagi bikin inget sama karyawisata pas SMA.
Setelah puter-puter dan foto-foto, kita akhirnya keluar lewat Pasar Ngasem lagi. Karena udah super laper, kita gak peduli main makan mi ayam bakso aja dipinggir Jalan Ngasem. Bodo lah, dah kelaparan. Abis ngisi perut kita jalan kaki lagi ke arah halte TJ deket Vredeburg. Di tengan jalan ngelewatin Masjid Gedhe, karena kita berdua sama-sama belum Dzuhur, akhirnya mampir dulu. Masjidnya bagus banget lho… Eksterior ama interiornya sama-sama bagus.
Karena masih siang, gue minta ditemenin Syifa buat nyari bakpia greentea. Awalnya mau naik becak, tp begitu nanya berapa abangnya langsung bilang 50ribu…kita sih no. mending naik TJ lah 3000 perak. Dan Alhamdulillah, 3000 perak puas banget muternya. Sampe Giwangan… Jauh pisan ah dari Vredeburg mau ke Tugu yang mestinya Cuma mundur aja malah diputerin sampe mana gatau itu jauuuuuh banget da rasanya. Untungnya tetep nemu, kita langsung beli dan pulang. Udah tepar rasanya.
Malemnya saatnya kuliner lagi. Dari pas pertama makan di Phuket, udah ngeliat sih plang Nutellaria dan pengen banget nyoba. Tapi abis Maghrib, pertama-tama gue, Syifa dan dua orang temennya makan dulu di Dixie. Di Dixie ini ada beberapa restoran gitu deh, dan salah satunya ada Warung Pasta. Yasudah, kita makan disini dan setelah makan gue ama Syifa sepakat langsung cus ke Nutellaria sebelum balik ke Jakarta. Temennya Syifa geleng-geleng kepala liat betapa kuatnya gue ama Syifa abis makna pasta yang large masih bisa makan rolled French toast haha. Recommended lah Nutellaria buat yang suka makanan manis-manis terutama Nutella. Enakeun pisan!


19 September

The last day in Jogja dan juga ultah SMAnya Syifa, dia sama temen-temennya pun ngumpul di SMAnya Syifa. Walaupun gue agak salting pas ketemu guru-gurunya Syifa, tp seru banget kok main bareng sama temennya Syifa. Sama aja koplaknya sama temen-temen pas SMA. Bikin kangen sama temen-temen di 68 dulu huhu kangen juga sama sekolahnya ((sama pohon menangis)). Kita di SMA 3 sampe lumayan siang, sebelum akhirnya balik dan siap-siap pulang ke Jakarta.
Lagi-lagi ke stasiun di anterin sama kakaknya Syifa dan partner hehe. Terima kasih banyak, Mbak Fifi dan Mas Elka. Makasih juga Mbak Resti yang udah mau kita repotin 5 hari nonstop dan udah masakin banyak makanan di hari terakhir kita di jogja ((pizza, pisang kipas, sama sayur apa itu namanya yang mirip gudeg+krecek tp bukan)). Beneran gak sangka bakal beneran kesampean libur di tempat yang jauh dari rumah dan berdua aja.

Saatnya nyusun rencana baru, liburan tahun depan kemana ya?

2 comments:

  1. Malang sih bero, trus ke kota batunya malem2. Besoknya ke pulau sempu. Ato muncak mahameru. Biasanya pulang2 bawa pacar (kalo udah pasang susuk dari rumah).

    ReplyDelete
    Replies
    1. gue kepikiran mau ke surabaya sih kit, mau ke rumah temen siapa tau bisa jadi tukang ojek juga dia hahaha sekalian kali ya abis surabaya langsung malang. sip lah diterima sarannya! tar gue pasang susuk dulu sebelom liburan....

      Delete