2012/09/30

magradika!

Akhirnya Magradika 54 berakhir, ditutup dengan Inagurasi Magradika 54 yang jatuh pada tanggal 29 September kemarin. Alhamdulillah. Dan akhirnya gue menyadari, I’ve gained more than what I’ve lost.

Awal Magradika, sebenernya mental bisa dibilang udah siap. Baca-baca blog orang yang nyeritain tentang magra, yang bilang cuma bisa tidur 2 jam semalem selama magra, yang bilang tibum kalo ngomong nyakitin hati, yaaa such as lah ya. So kira-kira 3 minggu yang lalu, perjalanan gue di STIS dimulai.

Pra-magra hari pertama itu tanggal 8 September, paginya ada kuliah umum sampe jam 11an, terus dibacain nama-nama kelompok dengan speed lumayan bikin pusing dan bikin tangan ama kuping ga sinkron, dan dengan hebatnya jam 1 kita harus udah ada di kampus lagi. Satu kata: LARI. Yep, lari. Harus makan siang, solat, dan nyari roti buat dibawa. Balik lagi ke kampus, inilah hari dimana gue dapetin temen2 baru, kelompok 19 Magradika 54 dengan nama statistika Pengamat. Bukan pengamat dalam konteks orang yang mengamati ya, pengamat itu nama pelajaran, pengantar matematika. Haha. Kita bersembilanbelas. Ada Mas Harka (mahasiswa tugas belajar, that’s why gue panggil mas), Arif, Febi, Haryanto, Wilfan, Syaiful, Fahmi, Ryan, Juna, Anita, Elis, Dissi, Vanya, Yayuk, Siska, Ayu, Putri, Ukhti dan gue tentunya. Kakak PKnya Kak Juni, yang kalem banget ngadepin kita yang hiper semua haha. Di hari ini aja kita udah dapet segunung tugas buat besokannya, yang notabene masih pra magradika. Basecamp terletak di kosannya Dissi, hari itu sampe jam 9 uprek-uprekan bikin atribut buat besokannya. Sampe rumah lanjut ngerjain tugas individu. Di hari pertama gue berhasil cuma tidur 2 jam aja. Fix nyelametin diri sendiri. Jam setengah 4 udah di basecamp lagi lanjutin tugas-tugas. Have a life banget ga boong :’’)

Pra-magra hari kedua kembali dipenuhi tugas-tugas. Alhamdulillah tidur 2 jam lagi. Magradika hari pertama: idem. Hari kedua: idem. Hari ketiga: idem. Hari keempat: subhanalloh nyamannya kasur di kamar sendiri.
Magra sendiri diisi dengan SG (Stadium General) yang pada dasarnya mengenalkan maba-miba sama kampus STIS sendiri. Berkesan banget karena setengah mati nahan ngantuk efek kurang tidur malemnya. Menghalalkan berbagai cara, termasuk mendzalimi diri sendiri (cubit-cubit tangan biar kesakitan sendiri, ngolesin minyak kayu putih ke mata biar pedes dan melek terus) dengan tujuan bisa selamat dari evaluasi tibum sekaligus biar catatan lengkap dan bisa bikin resume SG buat tugas besokannya. Gue sendiri....jujur kalo kata orang sunda mah ngelenggut di semua SG dari hari kedua sampe keempat hehe. Tapi ga sampe ketiduran, dan catatan SG gue lengkap :3. Selain itu ada juga games, tur kampus, tur BPS, dan yang terseru: Biroma (Bina Rohani Mahasiswa).

Di biroma, i gained another friends! Kelompok biroma 9 yang dibina sama Kak Muthia. Ada Mbak Rahma (mahasiswi tugas belajar juga), Anita, Elis, Irma 11 (hehe namanya samaan, jadilah kita pake nomer absen di kelompok buat nandain, gue Irma 12), Lya, Auli, Febri, Iza. Biroma di tengan magra itu ibarat oasis di tengah padang pasir. Setelah berjam-jam berdiri atau duduk bersimpuh, pas biroma bisa selonjoran. Sumpah itu.......sesuatu. Udah gitu Kak Muthia baik banget, dengerin curhat kita, sharing tentang magra tahun2 lalu, ngasih semangat (lewat sms juga :3). Dewa deh dewaaaa.

Pasca magra pertama jatuh pada tanggal 15. Sumpah di sini rasanya gue udah kehilangan semangat hidup. Makin ngerasa ga punya semangat hidup pas kaki kram dan langsung jatuh pas berdiri. Rasanya udah kriiiiiiiik maksimal gitu. Hufh. 

Akhirnya outbound. Kebagian gelombang 2 yang berangkat tanggal 18 September. Lagi-lagi dapet temen-temen baru, pleton 1 kompi A. Kita ber40, jadi maaf ya daripada ditulis tapi ga ketulis semuanya, mending ga ditulis sekalian he he he. Seru banget! Di DODIKLATPUR (Depo Pendidikan & Latihan Tempur) TNI AD yang terletak di Gunung Bundar, Pasir Reungit, Bogor. Masih bagian dari Taman Nasional Gunung Halimun loh. Sejodoh itu gue ama Halimun!! Di sini belajar banyak hal juga, mulai dari kerja sama tim, kebersamaan, kedisiplinan, keberanian, kepatuhan, survival, dan segalanya. Gue akhirnya ngerasain snappling (turun tebing), turun hasty, manjat toggle, lempar pisau&kapak-atau nama unyunya LEMPIKA-, lewatin jembatan tali dua. Kebersamaan berasa banget, apalagi pas makan. Kenal ga kenal, cowo-cowonya rela ngabisin makan cewe-cewe kalo misalkan mereka emang masih kuat. Pas survival, kerja sama timnya berasa banget. Koordinasi bagi-bagi tugas, saling bantu, walaupun akhirnya kita ditarik dari hutan ke deket rumah jamur, tetep asik banget pas malem-malem bikin api unggun. Bagian tergaasik dari survival cuma pas Pak Tajan bawa-bawa ular. Sumpah, itu gaada asik-asiknya sama sekali. Oleh-olehnya masih ada: kulit belang dan batuk yang masih anteng aja bersarang sampe sekarang padahal udah tiap hari minum obat. Yang ini juga ga asik.

Pulang outbound masih ada magradika hari keenam. Ya Allah, sumpah ini kalo kata SO7 mah ‘aku berhenti berharap’. Masih sedikit down karena suatu kabar yang gue denger pas pulang OB..... Tapi subhanallah, ternyata di hari ini kita semua disambut sama kakak-kakak semua, dibilang selamat datang di STIS. Terharu sampe nangis :’) apalagi pas kakak-kakak tibum yang biasanya ga pernah senyum sama sekali, di hari ini senyum lebar ke kita semua. Aaaaaa :’’’’)

Ohya, ada temen-temen baru lagi yang gue dapetin, 41 orang temen-temen dari BBM (Bina Bakat Mahasiswa). Gue ditempatin di BBM persembahan angkatan, yang akhirnya kita sepakat nampilin semi musikal gitu deh hehe. Bisa dibilang sukses, bikin kakak tibum ikut teriak2 dari balkon pas scene magradika (gue kebagian jadi miba -_-). Kita tampil terakhir di inagurasi, kyaaah penutup dan semoga berkesan buat semuanya. Tapi kalo boleh jujur, bagian paling berkesan dari inagurasi mungkin pas pemutaran video persembahan angkatan 54 buat kakak2 panitia. Sumpah pas bagian narasi yang isinya minta maaf dan ngucapin makasih, gue ikut terharu dan nangis huhu. Liat ada seorang kakak panitia cowo yang nangis tambah nyessss aja itu aaaaa. Keren banget kawan, sumpah keren!

Mungkin gue kehilangan waktu gue buat main-main, ngopi-ngopi, fangirling (ma, setahun nganggur ga cukup apa?!), nonton tv, internetan....tapi gue juga dapet banyak hal baru, temen-temen baru, kakak-kakak baru, adek-adek baru (iya gue sadar kok gue udah tua), gebetan baru, dan salah satu yang mungkin luput dari pikiran gue: rasa bersyukur. Iya, bersyukur enaknya bisa tidur sedikit lebih lama dari a couple of hours, enaknya bisa makan pelan-pelan, enaknya bisa duduk di kursi, dan enaknya tinggal di rumah sendiri. HAHA. Di samping itu, jelas banyak ilmu yang gue dapet dalam rangkaian acara dalam 3 minggu ini.

Akhir kata, this is just the start. Real college life will start soon. Mengutip pesan Kak Naila buat angkatan 54: ‘Semoga selamat sampai S. ST.’

Amin Allahuma Amin!

2 comments:

  1. Blogwalking. Cerita yang bagus, salam kenal, saya angkatan 54 juga :D


    Mysterio

    Sumber : Mengenai <a href="http://notes.rioharapan.com/2012/12/cipto-junaedy.html'>Cipto Junaedy</a>

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal juga! :D maaf baru sadar ada komen hehehe

      Delete